Home » , » Asuhan keperawatan anak dengan Kejang demam

Asuhan keperawatan anak dengan Kejang demam


A.    PENGERTIAN
     Kejang demam : bangkitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (Rectal di atas 38o C) yang disebabkan oleh proses ekstrakranium (Ngastiyah, 1997: 229)
     Kejang demam : bangitan kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh (suhu tubuh rectal di atas 38o C) yang disebabkan oleh suatu proses ekstrakranium (Mansjoer, A.dkk. 2000: 434)
     Kejang demam : kejang yang terjadi pada suhu badan yang tinggi yang disebabkanoleh kelainan ekstrakranium (Lumban tobing, 1995: 1)
     Kejang demam : gannguan sementara yang terjadi pada anak-anak yang ditandai dengan demam (Wong, D.T. 1999: 182)

B.    ETIOLOGI
Menurut Mansjoer, dkk (2000: 434) Lumban Tobing (1995: 18-19) dan Whaley and Wong (1995: 1929)
1.    Demam itu sendiri
Demam yang disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas, otitis media, pneumonia, gastroenteritis, dan infeksi saluran kemih, kejang tidak selalu timbul pada suhu yang tinggi.
2.    Efek produk toksik daripada mikroorganisme
3.    Respon alergik atau keadaan umum yang abnormal oleh infeksi.
4.    Perubahan keseimbangan cairan dan elektrolit.
5.    Ensefalitis viral (radang otak akibat virus) yang ringan, yang tidak diketahui atau enselofati toksik sepintas.
Menurut Whaley and Wong (1995:1725) faktor predisposisi kejang demam sederhana :
1.    Pasien yang membutuhkan perawat penuh
2.    Kelainan pada neonatal atau setelah 28 hari
3.    Perkembangan anak yang terlambat
4.    Kelainan prenatal. Ex: ibu hamil dengan eklamsi atau preeklamsi, kelainan dengan vakum atau forcep, bayi letak sunsang.
Menurut staf pengajar ilmu kesehatan anak FKUI (1985: 50), faktor presipitasi kejang demam: cenderung timbul 24 jam pertama pada waktu sakit demam atau dimana demam mendadak tinggi karena infeksi pernafasan bagian atas. Demam lebih sering disebabkan oleh virus daripada bakterial.

C.    PATOFISIOLOGI
Untuk mempertahankan kelangsungan hidup sel/organ otak diperlukan energi yang didapat dari metabolisme. Bahan baku untuk metabolisme otak yaitu glukosa sifat proses ini adalah oksidasi dengan perantaraan fungsi paru-paru dan diteruskan ke otak melalui sestem kardiovaskuler.
Dari uraian di atas, diketahui bahwa sumber energi otak adalah glukosa yang melalui proses oksidasi dipecah menjadi CO2 dan air. Sel yang dikelilingi oleh membran yang terdiri dari permukaan dalam yaitu lipoid dan permukaan luar yaitu ionik. Dalam keadaan normal membran sel neuron dapat dilalui dengan mudah oleh ion kalium (K+) dan sangat sulit oleh natrium (Na+) dan elektrolit lainnya kecuali ion klorida (Cl-). Akibatnya konentrasi K+ dalam sel neuron tinggi dan ion Na+ rendah, sedang di luar sel neuron terdapat keadaan sebaliknya. Karena keadaan tersebut, maka terjadi perbedaan potensial membran yang disebut potesial membran dari neuron. Untuk menjaga keseimbangan potensial membran ini diperlukan energi dan bantuan enzim Na - K Atp – ase yang terdapat pada permukaan sel.
    Keseimbangan potensial membran ini dapat diubah oleh perubahan konsentrasi ion di ruang ekstraseluler. Rangsangan yang datangnya mendadak seperti mekanis, kimiawi atau aliran listrik dari sekitarnya dan perubahan patofisiologi dan membran sendiri karena penyakit atau keturunan.
    Pada demam, kenaikan suhu 1o C akan mengakibatkan kenaikan suhu 1o C akan mengakibatkan metabolisme basal 10 - 15 % dan kebutuhan O2 meningkat 20 %.
    Pada seorang anak berumur 3 tahun sirkulasi otak mencapai 65% dari seluruh tubuh dibandingkan dengan orang dewasa (hanya 15%) oleh karena itu, kenaikan suhu tubuh dapat mengubah keseimbangan dari membran sel neuron dan dalam waktu singkat terjadi difusi dari ion kalium dan natrium melalui membran listrik. Ini demikian besarnya sehingga meluas dengan seluruh sel dan membran sel sekitarnya dengan bantuan bahan yang tersebut ”neurotransmitter” dan terjadi kejang.
    Pada anak dengan ambang kejang yang rendah, kejang dapat terjadi pada suhu 38o C dan anak dengan ambang kejang tinggi, kejang baru terjadi pada suhu 40o C atau lebih, kejang yang berlangsung lama (>15 menit) biasanya disertai apnea. Meningkatnya kebutuhan O2 dan untuk kontraksi otot skelet yang akhirnya terjadi hipoksemia, hiperkapnia, denyut jantung yang tidak teratur dan makin meningkatnya suhu tubuh karena tingginya aktifitas otot dan selanjutnya menyebabkan metabolisme otek meningkat. Faktor terpenting adalah gangguan peredaran darah yang mengakibatkan hipoksia sehingga meningkatkan permeabilitas kapiler dan timbul oedema otak yang mengakibatkan kerusakan sel neuron otak (Hasan dan Alatas, 1985: 847 dan Ngastiyah, 1997: 229)


















D.    PATHWAY KEPERAWATAN
Infeksi bakteri            rangsang mekanik dan biokimia.
Virus dan parasit           gangguan keseimbangan cairan&elektrolit

Reaksi inflamasi          perubahan konsentrasi ion
  di ruang ekstraseluler
Proses demam        
                   Ketidakseimbangan        kelainan neurologis   
Hipertermia               potensial membran         perinatal/prenatal
        ATP ASE
Resiko kejang berulang
    difusi Na+ dan K+

Pengobatan perawatan   
Kondisi, prognosis, lanjut        kejang            resiko cedera
Dan diit           

Kurang informasi, kondisi              kurang dari        lebih dari 15 menit   
Prognosis/pengobatan         15 menit
Dan perawatan                        perubahan suplay
                    Tidak menimbulkan    Darah ke otak
Kurang pengetahuan/             gejala sisa
Inefektif
Penatalaksanaan kejang                    resiko kerusakan sel
Cemas                                Neuron otak   
   

Perfusi jaringan cerebral tidak efektif



E.    MANIFESTASI KLINIS
Menurut Behman (2000: 843) kejang demam terkait dengan kenaikan suhu yang tinggi dan biasanya berkembang bila suhu tubuh mencapai 39o C atau lebih ditandai dengan adanya kejang khas menyeluruh tonik klonik lama beberapa detik sampai 10 menit. Kejang demam yang menetap > 15 menit menunjukkan penyebab organik seperti proses infeksi atau toksik selain itu juga dapat terjadi mata terbalik ke atas dengan disertai kekakuan dan kelemahan serta gerakan sentakan terulang.
    Umumnya kejang demam berlangsung singkat, berupa serangan kejang klonik atau tonik klonik bilateral. Sebagian besar kejang berlangsung < 6 menit dan < 0% berlangung > 15 menit.seringkali kejang berhenti sendiri setelah kejang berhenti anak tidak memberi reaksi apapun untuk sejenak, tetapi setelah kembali tanpa sadar kembali tanpa defisit neurologis (Mansjoer, A.dkk. 2000: 435)

F.    PENATALAKSANAAN
Menurut Ngastiyah (1997: 232-235) dan Hassan & Alatas (195: 850-854) ada 4 faktor yang perlu dikerjakan :
a.    Pengobatan fase akut
1.    Memberantas kejang
        Kejang


        Masih kejang



        Masih kejang


Masih kejang     kejang berhenti : rumatan :
                    Fenitol 5-8 mg/kg
                    Fenobarbital 4-5 mg/kgBB

2.    Membebaskan jalan nafas, oksigenasi secukupnya
3.    Meurunkan panas bila demam atau hipereaksi, dengan kompres seluruh tubuh dan bila telah memungkinkan dapat diberikan parasetamol 10 mg/kgBB/kali kombinasi diazepam oral 0,3 mg/kgBB
4.    memberikan cairan yang cukup bila kejang berlangsung cukup lama (> 10 menit) dengan IV : D5 1/4,  D5 1/5, RL.

G.    KLASIKFIKASI
Menurut Ngastiyah ( 1997: 231), klasikfikasi kejang demam adalah
a.    Kejang demam sederhana
yaitu kejang berlangsung kurang dari 15 menit dan umum. Adapun pedoman untuk mendiagnosa kejang demam sederhana dapat diketahui melalui criteria Livingstone, yaitu :
•    umur anak ketika kejang antara 6 bulan sampai 4 tahun
•    kejang berlangsung hanya sebentar, tidak lebih dari 15 menit.
•    Kejang  bersifat umum
•    Kejang timbul dalam 16 jam pertama setelah timbul demam.
•    Pemeriksaan saraf sebelum dan sesudah kjang normal
•    Pemeriksaan EEG yang dibuat sedikitnya 1 minggu sesudah suhu normal tidak menunjukan kelainan.
•    Frekuensi kejang bangkitan dalam 1 tahun tidak melebihi 4 kali
b.    Kejang kompleks
Kejang kompleks adalah tidak memenuhi salah satu lebih dari ketujuh criteria Livingstone. Menurut Mansyur ( 2000: 434) biasanya dari kejang kompleks diandai dengan kejang yang berlangsung lebih dari 15 menit, fokal atau multiple ( lebih dari 1 kali dalam 24jam). Di sini anak sebelumnya dapat mempunyai kelainan neurology atau riwayat kejang dalam atau tanpa kejang dalam riwayat keluarga.




H.    KOMPLIKASI
Menurut Lumbantobing ( 1995: 31) Dan Staff Pengajar Ilmu Kesehatan Anak FKUI ( 1985: 849-850). Komplikasi kejang demam umumnya berlangsung lebih dari 15 menit yaitu :
a.    Kerusakan otak
Terjadi melalui mekanisme eksitotoksik neuron saraf yang aktif sewaktu kejang melepaskan glutamat yang mengikat resptor MMDA ( M Metyl D Asparate ) yang mengakibatkan ion kalsium dapat masuk ke sel otak yang merusak sel neuoran secara irreversible.
b.    Retardasi mental
Dapat terjadi karena deficit neurolgis pada demam neonatus.

I.    PENCEGAHAN
Menurut Ngastiyah ( 1997: 236-239) pencegahan difokuskan pada pencegahan kekambuhan berulang dan penegahan segera saat kejang berlangsung.
a.    Pencegahan berulang
•    Mengobati infeksi yang mendasri kejang
•    Penkes tentang
-    Tersedianya obat penurun panas yang didapat atas resep dokter
-    Tersedianya obat pengukur suhu dan catatan penggunaan termometer, cara pengukuran suhu tubuh anak, serta keterangan batas-batas suhu normal pada anak ( 36-37ÂșC)
-      Anan diberi obat anti piretik bila orang tua mengetahuinya pada saat mulai demam dan jangan menunggu sampai meningkat
-      Memberitahukan pada petugas imunisasi bahwa anaknya pernah mengalami kejang demam bila anak akan diimunisasi.
b.    Mencegah cedera saat kejang berlangsung kegiatan ini meliputi :
•    Baringkan pasien pada tempat yang rata
•    Kepala dimiringkan unutk menghindari aspirasi cairan tubuh
•    Pertahankan lidah untuk tidak menutupi jalan napas
•    Lepaskan pakaian yang ketat
•    Jangan melawan gerakan pasien guna menghindari cedera.

J.    PEMERIKSAAN PENUNJANG
Menurut Komite Medik RSUP Dr. sardjito ( 2000:193) dan LUmbantobing dan Ismail ( 1989 :43), pemeriksaannya adalah :
a.    EEG
Pemeriksaan EEG dibuat 10-14 hari setelah bebas panas tidak menunjukan kelainan likuor. Gelombang EEG lambat didaerah belakang dan unilateral menunjukan kejang demam kompleks.
b.    Lumbal pungsi
Tes ini untuk memperoleh cairan cerebrospinalis dan untuk mengetahui keadaan lintas likuor. Tes ini dapaat mendeteksi penyebab kejang demam atau kejang karena infeksi pada otak.
-    Pada kejang demam tidak terdapat gambaran patologhis dan pemeriksaan lumbal pungsi
-    Pada kejang oleh infeksi pada otak ditemukan  :
•    Warna cairan cerebrospinal : berwarna kuning, menunjukan pigmen kuning santokrom
•    Jumlah cairan dalam cerebrospinal menigkat lebih dari normal ( normal bayi 40-60ml, anak muda 60-100ml, anak lebih tua 80-120ml dan dewasa 130-150ml)
•    Perubahan biokimia : kadar Kalium menigkat ( normal dewasa 3.5-5.0 mEq/L, bayi 3.6-5.8mEq/L)


       





DAFTAR PUSTAKA


Depkes RI. 1989. Perawatan Bayi Dan Anak. Ed 1. Jakarta : Pusat Pendidikan     Tenaga Kesehatan.

Sachann, M Rossa. 1996. Prinsip Keperawatan Pediatric. Jakarta : EGC.

Suriadi, dkk2001. Askep Pada Anak. Jakarta. Pt Fajar Interpratama.

Sataf Pengajar Ilmu Kesehatan Anak FKUI. 2000. Buku Kuliah Dua     Ilmukesehatan Anak. Jakarta : Percetakan Info Medika Jakarta.

Ngastiyah. 2005. Perawatan Anak Sakit, ed 2.  Jakarta: EGC.

Hidayat, aziz alimun. 2006. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta :     salemba.













KONSEP DASAR KEPERAWATAN

1.    PENGKAJIAN
Hal-hal yang perlu dikaji pada pasien dengan kejang demam menurut Greenberg (1980 : 122 – 128)
a.    Riwayat Keperawatan
1.    Adanya riwayat kejang demam pada pasien dan keluarga
2.    Adanya riwayat infeksi seperti saluran pernafasan atis, OMA, pneumonia, gastroenteriks, Faringiks, brontrope, umoria, morbilivarisela dan campak.
3.    Adanya riwayat peningkatan suhu tubuh
4.    Adanya riwayat trauma kepala
b.    Pengkajian fisik
1.    Adanya peningkatan : suhu tubuh, nadi, dan pernafasan, kulit teraba hangat
2.    Ditemukan adanya anoreksia, mual, muntah dan penurunan berat badan
3.    Adanya kelemahan dan keletihan
4.    Adanya kejang
5.    Pada pemeriksaan laboratorium darah ditemukan adanya peningkatan kalium, jumlah cairan cerebrospiral meningkat dan berwarna kuning
c.    Riwayat Psikososial atau Perkembangan
1.    Tingkat perkembangan anak terganggu
2.    Adanya kekerasan penggunaan obat – obatan seperti obat penurun panas
3.    Pengalaman tantang perawatan sesudah/ sebelum mengenai anaknya pada waktu sakit.
d.    Pengetahuan keluarga
1.    Tingkatkan pengetahuan keluarga yang kurang
2.    Keluarga kurang mengetahui tanda dan gejala kejang demam
3.    Ketidakmampuan keluarga dalam mengontrol suhu tubuh
4.    Keterbatasan menerima keadaan penyakitnya



2.    DIAGNOSA KEPERAWATAN
Menurut Doengoes, dkk (1999 : 876), Angram (1999 : 629 – 630) dan carpenito (2000 : 132), diagnosa yang mungkin muncul pada pasien dengan kejang demam
a.    Resiko tinggi terhadap cidera b.d aktivitas kejang
b.    Hipertermi bd efek langsung dari sirkulasi endotoksin pada hipotalamus
c.    Perfusi jaringan cerebral tidak efektif  bd reduksi aliran darah ke otak
d.    Kurang pengetahuan orang tua tentang kondisi, prognosis, penatalaksanaan dan kebutuhan pengobatan bd kurangnya informasi

3.  INTERVENSI KEPERAWATAN
DX 1        : Resiko tinggi terhadap cidera b.d aktivitas kejang
Tujuan : setelah dilakukan tindakan keperawatan selama poroses keperawatan diharapkan resiko cidera dapat di hindari, dengan kriteria hasil
NOC: Pengendalian Resiko
-    Pengetahuan tentang resiko
-    Monitor lingkungan yang dapat menjadi resiko
-    Monitor kemasan personal
-    Kembangkan strategi efektif pengendalian resiko
-    Penggunaan sumber daya masyarakat untuk pengendalian resiko
NIC : mencegah jatuh
-    identifikasi faktor kognitif atau psikis dari pasien yang dapat menjadiakn potensial jatuh dalam setiap keadaan
-    identifikasi mkarakteristik dari lingkungan yang dapat menjadikan potensial jatuh
-    monitor cara berjalan, keseimbangan dan tingkat kelelahan dengan ambulasi
-    instruskan pada pasien untuk memanggil asisten kalau mau bergerak

DX 2    : Hipertermi b.d efek langsung dari sirkulasi endotoksin pada hipotalamus
Tujuan : setelah dilakukan tindakan keperawatan suhu dalam rentang norma
NOC :  Themoregulation
-    Suhu tubuh dalam rentang normal
-    Nadi dan RR dalam rentang normal
-    Tidak ada perubahan warna kulit dan tidak warna kulit dan tidak pusing
NIC :   Temperatur regulation
-    Monitor suhu minimal tiap 2 jam
-    Rencanakan monitor suhu secara kontinyu
-    Monitor tanda –tanda hipertensi
-    Tingkatkan intake cairan dan nutrisi
-    Monitor nadi dan RR

DX 3 : Perfusi jaringan cerebral tidakefektif berhubungan dengan reduksi  aliran darah ke otak
Tujuan : setelah dilakukan tindakan keperawatan selama proses keperawatan diharapkan suplai darah ke otak dapat kembali normal , dengan kriteria hasil :
NOC : status sirkulasi
-    TD sistolik dbn
-    TD diastole dbn
-    Kekuatan nadi dbn
-    Tekanan vena sentral dbn
-    Rata- rata TD dbn
NIC : monitor TTV:
-    monitor TD, nadi, suhu, respirasi rate
-    catat adanya fluktuasi TD
-    monitor jumlah dan irama jantung
-    monitor bunyi jantung
-    monitor TD pada saat klien berbarning, duduk, berdiri
NIC II : status neurologia
-    monitor tingkat kesadran
-    monitor tingkat orientasi
-    monitor status TTV
-    monitor GCS
 DX 4 : Kurang pengetahuan orang tua tentang kondisi, prognosis, penatalaksanaan dan kebutuhan pengobatan b.d kurang informasi
Tujuan : setelah dilakukan tindakan keperawatan keluarga mengerti tentang kondisi pasien
NOC :  knowledge ; diease proses
-    Keluarga menyatakan pemahaman tentang penyakit kondisi prognosis dan program pengobatan
-    Keluarga mampu melaksanakan prosedur yang dijelaskan secara benar
-    Keluarga mampu menjelaskan kembali apa yang dijelaskan perawat/ tim kesehatan lainya
NIC :   Teaching : diease process
-    Berikan penilaian tentang penyakit pengetahuan pasien tentang proses penyakit yang spesifik
-    Jelaskan patofisiologi dari penyakit dan bagaimana hal ini berhubungan dengan anatomi fisiologi dengan cara yang tepat
-    Gambarkan tanda dan gejala yang biasa muncul pada penyakit, dengan cara yang tepat
-    Identifikasikan kemungkinan dengan cara yang tepat



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku