Home » , » Asuhan keperawatan anak dengan Epilepsi

Asuhan keperawatan anak dengan Epilepsi


A.    Pengertian
1.    Epilepsi atau yang lebih sering disebut ayan atau sawan adalah gangguan sistem saraf pusat yang terjadi karena letusan pelepasan muatan listrik sel saraf secara berulang, dengan gejala penurunan kesadaran, gangguan motorik, sensorik dan mental, dengan atau tanpa kejang-kejang (Ahmad Ramali, 2005 :114).
2.    Epilepsi adalah gangguan kronik otak dengan ciri timbulnya gejala-gejala yang datang dalam serangan-serangan, berulang-ulang yang disebabkan muatan listrik yang abnormal sel-sel saraf otak, yang bersifat reversibel dengan berbagai etiologi (Arif Mansjoer , 2000 : 27).
3.    Epilepsi adalah serangan kehilangan atau gangguan kesadaran rekuren dan paroksimal, biasanya dengan spasme otot tonik-klonik bergantian atau tingkah laku abnormal lainnya (Helson, 2000 : 339-345).
4.    Epilepsi merupakan gangguan susunan saraf pusat (SSP) yang dicirikan oleh terjadinya bangkitan (seizure, fit, attact, spell) yang bersifat spontan dan berkala (Harsono, 2007).
5.    Epilepsi adalah gangguan kejang kronis dengan kejang berulang yang terjadi dengan sendirinya, yang membutuhkan pengobatan jangka panjang (Judit M Wilkinson, 2002 : 576).

B.    Etiologi
1.    Menurut Pincus Catzel halaman 216-226, penyebab epilepsi yaitu:
a.    Pra Lahir-genetika
Kesalahan metabolisme herediter seperti penyakit penimbunan glikogen dan fenilketonuria. Anomali otak kongenital seperti porensefali, infeksi dalam rahim seperti rubella, penyakit cytomegalo virus, meningo-ensefalolitis dan toksoplasmosis.
b.    Perinatal
Trauma kelahiran, infeksi, hiperbilirubinemia, hipoglikemia dan hipokalsemia.
c.    Paska Lahir
Termasuk meningitis, trauma, ensefalitis, ensefalopati (misalnya keracunan timah hitam, gangguan elektrolit berat, neoplasma dan kelainan degeneratif SSP.
2.    Menurut Arif Mansjoer  halaman 27, penyebab epilepsi yaitu :
a.    Idiopatik
Sebagian epilepsi pada anak adalah epilepsi idiopatik.
b.    Faktor Herediter
Ada beberapa penyakit yang bersifat herediter yang disertai bangkitan kejang seperti sklerosis tuberosa, neurofibromatosis, fenilketonuria, hipoparatiroidisme, hipoglikemia.
c.    Faktor Genetik
Pada kejang demam dan breath holding spell.
d.    Kelainan Kongenital Otak
Atrofi, porensefali
e.    Gangguan Metabolik
Penurunan konsentrasi glukosa darah (Hipoglikemia), hipokalsemia, hiponatremia, hipernatremia
1)    Glukosa digunakan dalam metabolisme dari otak. Kekurangan glukosa sama merusak seperti kekurangan oksigen.
2)    Air dan elektrolit sepanjang membrane sel bertanggungjawab bagi keadaan terangsang (eksitabilitas) neuron dan karena setiap gangguan elektrolit dapat mencetuskan konvulsi.
f.      Infeksi
Radang yang disebabkan bakteri atau virus pada otak dan selaputnya, toksoplamosis.
g.    Trauma
Cedera kepala, kontusio cerebri, hematoma subaraknoid, hematoma subdural.
h.    Neoplasma dan selaputnya
Tumor otak yang jinak (benigna) lebih sering mengakibatkan epilepsi dibaning tumor ganas. Hal ini didapatkan pada sekitar 25-40 % penderita tumor otak.
i.      Keracunan
Timbal (Pb), kamper (kapur barus), air.

3.    Faktor Presipitasi
Faktor presipitasi ialah faktor yang mempermudah terjadinya serangan, yaitu :
a.    Faktor sensori
Cahaya, bunyi-bunyi yang mengejutkan, air panas.
b.    Faktor sistenis
Demam, penyakit infeksi, obat-obatan tertentu (misal fenotiazin), hipoglikemia dan kelelahan fisik.
c.    Faktor mental
Stress, gangguan emosi.
d.    Haid
Penelitian menduga bahwa perubahan keseimbangan hormon semasa haid ikut berperan dalam mencetuskan serangan.

C.    Patofisiologi
Menurut Harsono, sistem saraf merupakan communication network (jaringan komunikasi). Otak berkomunikasi dengan organ-organ tubuh yang lain melalui sel-sel saraf (neuron). Pada kondisi normal, impuls saraf dari otak secara elektrik akan dibawa neurotransmitter seperti GABA (gamma-aminobutiric acid dan glutamat) melalui sel-sel saraf (neuron) ke organ-organ tubuh lain. Faktor-faktor penyebab epilepsi di atas, mengganggu sistem ini sehingga menyebabkan ketidakseimbangan aliran listrik pada sel saraf dan menimbulkan kejang yang merupakan salah satu ciri epilepsi.
Gambar : Neurotransmiter






D.    Pathway Keperawatan




























E.    Manifestasi Klinis
Menurut Commision of Classification and Terminology of The International League Against Epilepsy (ILAE) tahun 1981, klasifikasi epilepsi sebagai berikut :
1.    Epilepsi Parsial (Fokal, Lokal)
a.    Epilepsi Parsial Sederhana; sawan parsial dengan kesadaran tetap normal.
1)    Dengan Gejala Motorik
a)    Fokal motorik tidak menjalar : epilepsi terbatas pada satu bagian tubuh saja
b)    Fokal motorik menjalar : epilepsi dimulai satu bagian tubuh dan menjalar luas ke daerah lain. Disebut juga epilepsi Jackson (epilepsi  lobus  temporalis). Umumnya hampir terjadi pada semua pasien dengan struktur otak, serangan umumnya dimulai pada tangan, kaki, dan muka diakhiri dengan seizure grandmal.

c)    Versif : epilepsi disertai gerakan memutar kepala, mata, tubuh.
d)    Postural : epilepsi disertai lengan dan tungkai kaku dalam sikap tertentu.
e)    Disertai gangguan fonasi : sawan disertai arus bicara yang terhenti atau pasien mengeluarkan bunyi-bunyi tertentu.
2)    Dengan gejala somatosensoris atau sensasi spesial : epilepsi disertai halusinasi sederhana yang mengenai kelima pancaindera dan bangkitan yang disertai vertigo.
a)    Somatosensori    : timbul rasa kesemutan atau seperti ditusuk-tusuk jarum
b)    Visual    : terlihat cahaya
c)    Auditorius    : terdengar sesuatu
d)    Olfaktorius    : terhidu sesuatu
e)    Gustatorius    : terkecap sesuatu
f)    Disertai vertigo
3)    Dengan gejala atau tanda gangguan saraf otonom (sensasi epigastrium, pucat, berkeringat, piloereksi, dilatasi pupil)
4)    Dengan gejala psikis
a)    Disfasia : gangguan bicara misalnya mengulang suatu kata atau bagian kalimat.
b)    Demensia : gangguan proses ingatan misalnya merasa seperti sudah mengalami, mendengar, melihat, atau sebaliknya tidak pernah mengalami.
c)    Kognitif : gangguan orientasi waktu, merasa diri berubah.
d)    Afektif : merasa sangat senang, susah, marah, takut.
e)    Ilusi
f)        Halusinasi kompleks

b.    Epilepsi Parsial kompleks / Psikomotor
1)    Serangan parsial sederhana diikuti gangguan kesadaran : kesadaran mula-mula baik kemudian baru menurun.
a)    Dengan gejala parsial sederhana A1-A4; gejala-gejala seperti pada golongan A1-A4 diikuti dengan menurunnya kesadaran.
b)    Dengan automatisme : gerakan-gerakan perilaku yang timbul dengan sendirinya, misalnya menelan-nelan, berjalan, berbicara, dan lain-lain.
2)    Dengan penurunan kesadaran sejak serangan ; kesadaran menurun sejak permulaan serangan.
a)    Dengan penurunan kesadaran
b)    Dengan automatisme
c.    Epilepsi Parsial yang berkembang menjadi bangkitan umum (tonik-klonik, tonik, klonik)
1)    Epilepsi Parsial sederhana yang berkembang menjadi bangkitan umum
2)    Epilepsi Parsial kompleks yang berkembang menjadi bangkitan umum
3)    Epilepsi Parsial sederhana yang berkembang menjadi bangkitan parsial kompleks lalu berkembang menjadi bangkitan umum.

2.    Epilepsi Umum (Konvulsif / Non Konvulsif)
A.    1. Epilepsi Lena (Absence) atau Petit Mal
Kegiatan yang sedang dikerjakan terhenti, maka tampak membengong, bola mata dapat memutar ke atas, tak ada reaksi bila diajak bicara. Biasanya berlangsung selama ¼ - ½ menit dan sering dijumpai pada anak.
2.  Epilepsi Lena tak khas
a)    Gangguan tonus yang lebih jelas
b)    Permulaan dan berakhirnya bangkitan tidak jelas.
B.    Epilepsi Mioklonik
Terjadi kontraksi mendadak, sebentar dapat kuat atau lemah sebagian otot atau semua otot-otot. Sekali atau berulangg-ulang dan dijumpai pada semua umur.
C.    Epilepsi Klonik
Tidak ada komponen tonik, hanya terjadi kejang kelenjot. Dijumpai sekali pada anak.
D.    Epilepsi Tonik
Tidak ada komponen klonik, otot-otot hanya menjadi kaku, juga terdapat pada anak.
E.    Epilepsi Tonik-klonik
Keadaan ini dimulai secara mendadak disertai kehilangan kesadaran. Sering dijumpai pada umur diatas balita. Kejang berlangsung kira-kira 15-30 detik. Biasanya diawali dengan aura (peringatan akan terjadi serangan lebih lanjut).
Urutannya sebagai berikut :
1.    Aura
Bentuk aura bermacam-macam, misalnya :
a)    Merasa sakit perut atau tidak enak di perut.
b)    Merasa ada sesuatu di perut, yang kemudian naik ke dada dan kepala.
c)    Nyeri kepala.
d)    Telinga berdengung.
e)    Membaui bau yang tidak sedap, atau bau busuk.
2.    Fase Tonik, yaitu kontraksi yang kaku dari semua otot. Selama fase ini lidah atau pipi dapat tergigit. Kontraksi otot mencegah pernapasan dan anak dapat menjadi biru / tidak sadar. Mulut dapat berbusa karena hembusan nafas.
3.    Fase Kronis
Selama fase ini, gerakan menghentak dimulai yang dapat menjadi keras. Cedera dapat disebabkan oleh gerakan yang kuat. Disertai inkontinensia urin dan feses.
4.    Koma
Otot mengalami relaksasi lengkap. Dapat berlangsung selama 10 menit sampai beberapa jam dan didikuti suatu periode bingung dan anak menjadi gelisah.

3.    Epilepsi Tak Tergolongkan
Termasuk golongan ini adalah bangkitan pada bayi berupa gerakan bola mata yang ritmik, mengunyah-ngunyah, menggigil dan pernapasan yang mendadak berhenti sementara.
Kelainan yang meniru Epilepsi menurut Pincus Catzel :
1.    Serangan menahan nafas
Biaanya terjadi antara umur 6 dan 39 bulan. Biasanya dicetuskan oleh nyeri, ketakutan dan frustasi. Bayi menangis sampai semua udara dipaksa keluar dari dadanya dan cepat mengalami sianosis. Serangan berlanjut disertai atau tanpa konvulsi.
2.    Synkope (pucat pasi)
Seperti serangan menahan nafas, dapat dicetuskan oleh nyeri dan ketakutan. Anak menjadi pucat, pingsan dan mungkin disertai konvulsi. Dapat pula disertai henti jantung.
3.    Anoksia Serebrum
Dapat disebabkan oleh seranagn pingsan karena penyakit jantung kongenital.
4.    Serangan Pingsan
Lazim pada pubertas dan selama adolensen, yang berhubungan erat adalah pingsan hipotensi ortostatik.
5.    Masturbasi
Masturbasi dapat mengambil bentuk aneh pada masa kanak-kanak. Ia sering disertai goyangan berirama “flushing”, wajah dan pandangan berkonsentrasi kuat. Saat mencapai puncak, anak menjadi lemah dan linglung.
6.    Histeria
Histeria menimbulkan serangan aneh yang tidak boleh dikacaukan dengan epilepsi murni. Kadang-kadang seorang anak dapat mencontoh serangan epilepsi pada saudaranya untuk mendapat perhatian dari ibunya.
F.    Pemeriksaan Penunjang
1.    Elektroensefalogram (EEG)
a)    Tujuan : dapat membuktikan fokal atau gangguan disfungsi otak akibat lesi organic melalui pengukuran aktivitas listrik dalam otak.
b)    Pada epilepsy pola EEG dapat membantu untuk menentukan jenis dan lokasi bangkitan. Didapatkan hasil berupa gelombang epilepsy form discharge sharp wave spike and wave.
c)    Pemeriksaan EEG harus dilakukan secara berkala karena kira-kira 8-12 % pasien epilepsi mempuntai rekaman EEG yang normal.
2.    Pemeriksaan Radiologis
a)    Foto tengkorak : untuk mengetahui kelainan tulang tengkorak, destruksi tulang, kalsifikasi intrakranium yang abnormal (yang disebabkan oleh penyakit dan kelainan), juga tanda peningkatan TIK seperti pelebaran sutura, erosi sela tursika, dan sebagainya.
b)    Pneumoensefalografi dan ventrikulografi
Dilakukan atas indikasi tertentu untuk melihat gambaran system ventrikel, sisterna, rongga subaraknoid serta gambaran otak.
c)    Arteriografi
Untuk mengetahui pembuluh darah di otak; apakah ada pernjakan (neoplasma, hematom abses), penyumbatan (thrombosis, peregangan, hidrosefalus) atau anomali pembuluh darah.
d)    Pemeriksaan Pencitraan Otak
MRI bertujuan untuk melihat struktur otak dan melengkapi data EEG. Yang berguna untuk membandingkan hipokampus kanan dan kiri dan mendeteksi kelainan pertumbuhan otak, tumor yang berukuran kecil.
e)    Pemeriksaan laboratorium
Dilakukan atas indikasi untuk memastikan adanya kelainan sistemik seperti hipoglikemi dan hiponatremia.

G.    Komplikasi
Menurut Yuda Turana, 2006 :
1.    Gangguan Memori
a)    Fenomena “tip of tounge” yaitu penderita tahu kata yang ingin diucapkan, tapi tidak terpikir olehnya.
b)    Checking, yaitu harus kembali memerikaa hal-hal yang dilakukan.
c)    Sering lupa dimana meletakkan barang
Lesi pada otak adalah penyebab utama gangguan memori pada epilepsi, karena lesi pada lobus temporal mempunyai hubungan dengan fungsi belajar.
2.    Gangguan Kognitif
Pada anak, gangguan berbahasa lebih sering terjadi pada anak. Kejang berulang pada anak berhubungan dengan penurunan fungsi intelek. Dapat juga disebabkan oleh obat antiepilepsi.
3.    Penurunan Fungsi Memori Verbal
Disebabkan oleh operasi yaitu paska operasi epilepsi.
4.    Keterbatasan Interaksi Sosial
Hal itu terjadi pada epilepsi lobus frontal, karena peranan korteks prefrontal yang berperan dalam fungsi emosi, perilaku hubungan interpersonal. Apabila terganggu dapat mengakibatkan keterbatasan interaksi sosial.
5.    Status Epileptikus
6.    Kematian

H.    Penatalaksanaan
1.    Penataksanaan Medikamentosa Menurut Arif Mansjoer, 2000 :
Tujuan pengobatan adalah mencegah timbulnya epilepsi tanpa mengganggu kapasitas fisik dan intelek pasien.
Obat pilihan berdasarkan jenis epilepsi
No    Bangkitan    Jenis Obat
1.    Fokal / Parsal
Sederhana
Kompleks
Tonik-klonik Umum   
CBZ, PB, PTH
CBZ, PB, PTH, VAL
CBZ, PB, PTH, VAL
2.    Umum
Tonik-klonik
Mioklonik
Absena / Petit mal   
CBZ, PB, PTH, VAL
CLON, VAL
CLON, VAL
CBZ : karbamazepin
CLON : klonazepan
VAL : asam valproat
PHT : fenitol
PB : fenobarbital
Nama Generik    Efek samping atau berkaitan dengan dosis
Karbamazepin (tegretol)    Pusing, mengantuk, keadaan tidak mantep, mual, muntah, diplopia, lekopenia ringan.
Klonazepan    Mengantuk, ataksi, hipotensi, depresi respirasi
Fenitol    Masalah penglihatan, hirsutisma, hyperplasia gusi, distritmia
Fenobarbital    Sedasi, peka rangsang, diplopia, ataksia

Jenis Obat    Dosis (mg/KgBB/Hr)    Cara pemberian
Fenobarbital    1-5    1 x / hari
Fenitol    4-20    1-2 / hari
Karbamazepin    4-20    3 x / hari
Asam valproat    10-60    3 x / hari
Kloazepam    0,05-0,2    3 x / hari
Diazepam    0,05-0,015    IV
    0,4-0,6    per rectal

2.    Terapi Bedah Menurut Lumbantobing (1996)
Tujuan operasi adalah meningkatkan kualitas hidup, dan bukan hanya menghilangkan kambuhnya serangan. Berbagai jenis operasi yang dapat dilakukan, diantaranya angkat jaringan sakit di lobus frontal dan tempat lain. Ada pula jenis operasi untuk menghilangkan atau mencegah kambuhnya serangan misalnya memotong korpus kolosom.

3.    Terapi Keperawatan Menurut Rosa Sachorin (1997)
Selama kejang, tujuan perawat adalah untuk mensegah cedera pada pasien. Cakupan perawat bukan hanya mencegah atau meminimukan cedera terhadap pasien, antara lain :
a.    Selama Kejang
1)    Berikan privasi dan perlindungan pada pasien dari penonton yang ingin tahu (pasien yang mempunyai aura atau penanda ancaman kejang).
2)    Tidak boleh menginggalkan pasien sendirian.
3)    Mengamankan pasien di lantai, jika memungkinkan.
4)    Melindungi kepala dengan bantalam untuk mencegah cedera kepala  (dari membentur permukaan keras).
5)    Lepaskan pakaian yang ketat.
6)    Singkirkan semua perabot yang dapat mencederai pasien selama kejang.
7)    Jika pasien di tempat tidur, singkirkan bantal dan tinggikan pagar di tempat tidur.
8)    Jika aura mendahului kejang, masukan spatel lidah yang diberi bantalan diantara gigi, untuk mengurangi lidah atau pipi tergigit.
9)    Jangan berusaha untuk membuka rahang yangterkatup pada keadan spasme untuk memasukkan sesuatu. Gigi patah dan cedera pada bibir dan lidaj dapat terkadi karena tindakan ini.
10)    Tidak ada upaya dibuat untuk merestrein pasien selama kejang, karena kontraksi otot dan restrein dapat menimbulkan cedera.
11)    Jika mungkin, tempatkan pasien kiring pada salah satu sisi dengan kepala fleksi ke depan, yang memungkinkan lidah jatuh dan memudahkan pengeluaran saliva dam mukus. Jika disediakan penghisap, gunakan jika perlu untuk membersihkan secret.
12)    Pasang penghalang tempat tiduryang memakai pelunak, bila harus berada terus di tempat tidur, atau terjadi kejang sewaktu tidur. Bantal jangan dipakai pelunak, karena bahaya bias terjadi tercekik.
13)    Observasi secara akurat dan dicatat.
14)    Masase

b.    Setelah Kejang
1)    Pertahankan pasien pada salah satu sisi untuk mencegah aspirasi, yakinkan bahwa jalan nafas paten.
2)    Biasanya terjadi periode ekonfusi setelah kejang grandmal.
3)    Periode apneu pendek dapat terjadi selama atau secara tiba-tiba setelah kejang.
4)    Pasien pada saat bangun, harus diorientasikan terhadap lingkungan.
5)    Jika pasien mengalami serangan berat setelah kejang, coba untuk menangani situasi dnegan pendekatan yang lembut dan member restrein yang lembut.

c.    Konsultasi dan penyuluhan
Penyuluhan merupakan bagian yang penting dari keperawatan pasien dengan kejang. Yang harus mendapat penyuluhan termasuk pasien serta keluarga pasien yang merawat pada saat serangan. Melibatkan keluarga pasien dan orang lain yang berkepentingan selama pasien masih dirawat di rumah sakit dan dapat menerima anggota keluarga yang kejang.
Penyuluhan pasien dnegan kejang :
1)    Pemakaian obat, efek samping, dosis, waktu, laporkan efek samping kepada dokter.
2)    Langkah-langkah menghindari cedera pada saat kejang.
3)    Utamakan cukup istirahat dan diet.
4)    Utamakan memakai obat walaupun sedang bebas kejang.
5)    Memanfaatkan sumber-sumber di masyarakat.
6)    Utamakan perawatan lanjutan.
7)    Penting untuk mengungkapkan perasaan.
8)    Kebutuhan untuk mencegah stress hebat.
9)    Penting memakai tanda pengenal medis
10)    Penting untuk tidak terlalu melindungi anak.









ASUHAN KEPERAWATAN ANAK
DENGAN EPILEPSI

A.    Dasar Data Pengkajian Pasien
Menurut Doengoes, 2000 :
1.    Aktivitas/Istirahat
Gejala : keletihan, kelemahan umum. Keterbatasan dalam beraktivitas/bekerja yang ditimbulkan oleh diri sendiri / orang terdekat/pemberi asuhan kesehatan atau orang lain.
Tanda : perubahan tonus/kekuatan otot. Gerakan involunter otot ataupun sekelompok otot.
2.    Sirkulasi
Gejala : Iktal : hipertensi, peningkatan nadi, sianosis. Posiktal : tanda vital normal atau deperesi dengan penurunan nadi dan pernapasan.
3.    Integritas Ego
Gejala : stressor eksternal/internal yang berhubungan dengan keadaan dan atau penanganan. Peka rangsangan : perasaan tidak ada harapan / tidak berdaya. Perubahan dalam berhubungan.
Tanda : pelebaran tentang respons emosional.
4.    Eliminasi
Gejala : inkontinensia episodic.
Tanda : Iktal : peningkatan tekanan kandung kemih dan tonus sfingter. Posiktal : Otot relaksasi yang mengakibatkan inkontinensia ( baik urine/fekal ).
5.    Makanan/Cairan
Gejala : sensitivitas terhadap makanan, mual/muntah yang berhubungan dengan aktivitas kejang.
Tanda : kerusakan jaringan lunak/gigi ( cedera selama kejang ). Hiperplasi gingival ( efek samping pemakaian Dilantin jangka panjang ).
6.    Neurosensori
Gejala : riwayat sakit kepala, aktivitas kejang berulang pingsang, pusing. Riwayat trauma kepala, anoksia dan infeksi serebal. Adanya aura ( rangsangan visual, auditorius, area halusinogenik ). Posiktal : kelemahan, nyeri otot, area parestese/paralisis.
Tanda : karakteristik kejang: Fase prodormal : adanya perubahan pada reaksi emosi atau respons afektif yang tidak menentu yang mengarah pada fae aura dalam beberapa kasus dan berakhir beberapa menit sampai eberapla jam.
a)    Kejang umum :
Tonik-tonik ( grand mal ): kekakuan dan postur menjejak, mengerang, penurunan kesadaran, pupil dilatasi, inkontinensia urine/fekal, pernapasan stridor ( ngorok ), saliva keluar secara berlebihan, dan mungkin juga lidahnya tergigit.
    Absen ( petit mal ) : periode gangguan kesadaran dan atau melamun ( tak sadar lingkungan ) yang diawali pandangan mata menerawang sekitar 5-30 detik saja, yang dapat terjadi 100 kali setiap  harinya, terjadinya kejang pada motorik minor mungkin bersifat akinetik hilang gerakan ), mioklonik                ( kontraksi otot secara berulang ), atau atonik ( hilangnya tonus otot ).
b)    Posiktal : amnesia terhadap peristiwa kejang, tidak bingung, dapat melakukan kembali aktivitas.
c)    Kejang parsial ( kompleks ) :
    Lobus psikomotor/ temporal : pasien umumnya tetap sadar, dengan reaksi seperti bermimpi, melamun, berjalan-jalan, peka rangsang, halusinasi, bermusuhan atau takut. Dapat menunjukangejala motorik involunter ( seperti merasakan bibir ) dan tingkah laku yang tampak bertujuan tetapi tidak sesuai    ( involunter/ automatisme ) dan termasuk kerusakan penyesuaian, dan pada pekerjaan, kegiatan bersifat antisosial.
d)    Postikal : hilangnya memori terhadap peristiwa yang terjadi, kekacauan mental ringan s ampai sedang.
e)    Kejang parsial ( sederhana ) :
    Jacksonian/ motorik fokal ; sering didahului oleh aura, sekitar 2-15 menit. Tidak ada
    Konvulsif dan terjadi gangguan sementara pada bagian tertentu yang dikendalikan oleh bagian otak yang terkena ( seperti lobus frontal (disfungsi motorik); parietal ( terasa baal, kesemutan ), lobus oksipital ( cahaya terang, sinar lampu ), lobus posterotemporal ( kesulitan dalam berbicara ). Konvulsi   ( kejang ) dapat mengenai seluruh tubuh atau bagian tubuh yang mengalami gangguan yang terus berkembang. Jika dilakukan restrein selama kejang, pasien mungkin akan melawan dan memperlihatkan tingkah laku yang tidak kooperatif,
f)    Status epileptikus :
    Aktivitas kejang yang terjadi terus-menerus dengan spontan atau berhubungan dengan gejala putus antikonvulsan tiba-tiba dan fenomena metabolic lain. Catatan : jika hilangnya kejang mengikuti pola tertentu, masalah dapat menghilang tidak terdeteksi selama periode waktu tertentu, sehingga pasien tidak kehilangan kesadarannya.
7.    Nyeri/Ketidaknyamanan
Gejala : sakit kepala, nyeri otot/punggung pada periode posiktal. Nyeri abnormal paroksismal selama fase iktal ( mungkin terjadi selama kejang fokal/parsial tanpa mengalami penurunan kesadaran ).
Tanda : sikap/tingkah laku yang berhati-hati. Perubahan pada tonus otot. Tingkah laku distraksi atau gelisah.
8.    Pernapasan
Gejala : fase iktal : gigi mengatup, sianosis, pernapasan menurun/ cepat: peningkatan sekresi mucus. Fase posiktal : apnea.
9.    Keamanan
Gejala : riwayat terjatuh/ trauma, frakutr. Adanya alergi.
Tanda : trauma pada jaringan lunak/ekimosis. Penurunan kekuatan/tonus otot secara menyeluruh.
10.    Interaksi Sosial
Gejala : masalah dalam hubungan interpersonal dalam keluarga atau lingkungan sosialnya. Pembatasan/ penghindaran terhadap kontak social.
11.    Penyuluhan/Pembelajaran
Gejala : adanya riwayat epilepsy pada keluarga. Penggunaan/ ketergantungan obat ( termasuk alcohol ).
Pertimbangan : DRG menunjukan rerata lama dirawat : 3,5 hari.
Rencana pemulangan : mungkin memerlukan perubahan dalam pengobatan, bantuan pada beberapa pekerjaan rumah / mempertahankan tugas-tugas yang tetap menjaga keamanan dan transportsi.

Menurut Wong, Donna L.2004, pengkajian pada pasien epilepsi adalah :
1.    Dapatkan riwayat kesehatan terutama yang berkaitan dengan kejadian prenatal, perinatal, dan neonatal; adanya contoh infeksi, apnea, kolik, atau menyusu yang buruk; informasi mengenai kecelakaan atau penyakit serius sebelumnya.
2.    Observasi kejang
a.    Jelaskan hal-hal berikut :
1.    Hanya hal-hal yang harus diobservasi dengan benar
2.    Urutan kejadian (sebelum, selama, dan setelah kejang0
3.    Durasi kejang
4.    Tonik-tonik : dari tanda-tanda pertama kejdian kejang sampai sentakan-sentakannya berhenti
5.    Tanpa kejang dari kehilangan kesadaran sampai pasien sadar kembali.
6.    Parsial kompleks : dari aura sampai berhenti secara otomatis atau menunjukkan responsivitas pada lingkungan.
b.    Awitan
1.    Waktu awitan
2.    Kejadian pra-kejang yang signifikan (sinar terang, bising, kegirangan, emosi berlebihan).
3.    Perilaku
1)    Perubahan pada ekspresi wajah, seperti pada rasa takut
2)    Menangis atau bunyi lain
3)    Gerakan sterotip atau otomatis
4)    Aktivitas acak (mengeluyur)
4.    Posis kepala, tubuh, ekstremitas :
1)    Postur unilateral atau bilateral dari salah satu atau lebih ekstremitas
2)    Deviasi tubuh ke samping
c.    Gerakan
1.    Perubahan posisi (bila ada)
2.    Sisi permulaan (tangan, ibu jari, mulut, seluruh tubuh)
3.    Fase tonik (bila ada dapat lama, melibatkan beberapa bagian tubuh)
4.    Fase klonik (kedutan atau gerakan menyentak, melibatkan beberapa bagian tubh, urutan bagian yang terkena, umum, perubahan dalam karakteristik gerakan.
5.    Kurang gerakan atau tonus otot pada bagian-bagian tubuh seluruh tubuh.
d.    Wajah
1.    Perubahan warna (pucat, sianosis, wajah kemerahan)
2.    Keringat
3.    Mulut (posisi, menyimpang ke salah satu sisi, gigi mengatup, lidah tergigit, mulut berbusa, flek darah atau perdarahan).
4.    Kurang dalam ekspresi
e.    Mata
1.    Posisi (lurus, menyimpang ke atas, menyimpang keluar, konjugasi atau divergen)
2.    Pipil (bila mampu untuk mengkaji). Terjadi perubahan pada ukuran, kesamaan reaksi terhadap sinar dan akomodasi.
f.    Observasi paska-kejang
1.    Masa paska-kejang
2.    Metode terminasi
3.    Status kesadaran (tidak responsive, mengantuk, konfusi,)
4.    Orientasi terhadap waktu dan orang
5.    Tidur tetapi mampu untuk bangun
6.    Kemampuan motorik
a)    Adanya perubahan pada kekuatan motorik
b)    Kemampuan untuk menggerakkan semua ekstermitas
c)    Adanya paresis atau kelemahan
d)    Kemampuan untuk bersiul (bias sesuai dengan usia)
7.    Bicara (berubah, aneh, jenis dan luasnya kesulitan)
8.    Sensasi
a)    Keluhan tidak nyaman atau nyeri
b)    Adanya kerusakan sensori dari pendengaran, penglihatan
c)    Pengumpulan kembali sensasi pra-kejang, peringatan serangan
d)    Kesadaran bahwa serangan sudah mulai terjadi

B.    Diagnosa keperawatan
1.    Risiko cedera berhubungan dengan tipe kejang
2.    Bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungan dengan obstruksi trakheobronkhial
3.    Kerusakan memori berhubungan dengan hipoksia
4.    Gangguan citra tubuh berhubungan dengan aktivitas kejang
5.    Harga diri rendah berhubungan dengan perubahan perkembangan
6.    Risiko isolasi berhubungan dengan perubahan status kesehatan
7.    Perubahan proses keluarga berhubungan dengan anak yang menderita penyakit kronis
8.    Cemas berhubungan dengan ancaman kematian
9.    Kurang pengetahuan orang tua berhubungan dengan ketebatasan paparan
10.    Manajemen regimen terapeutik tidak efektif berhubungan dengan konflik pengambilan keputusan.

C.    Intervensi
Dx 1 : Risiko cedera berhubungan dengan tipe kejang.
NOC : Pengendalian Resiko
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan pencegahan jatuh selama 3x24 jam diharapkan pasien tidak mengalami cedera dan tetap tenang dengan seringnya pengendalian resiko  skala 3.
Kriteria hasil :
a.    Pantau faktor resiko perilaku dan lingkungan
b.    Mempersiapkan lingkungan yang aman (misalnya, penggunaan tikar karet).
c.    Menghindari cedera fisik.
d.    Mengidentifikasi risiko yang meningkatkan kerentanan terhadap cedera.
e.    Orang tua akan mengenali resiko dan memantau kekerasan.
Skala : 1. Tidak pernah
2. Jarang
3. Kadang
4. Sering
5. Konsisten
NIC : Mencegah Jatuh
1.    Identifikasi faktor yang mempengaruhi kebutuhan keamanan, misalnya perubahan status mental, usia, pengobatan dan deficit motorik / sensorik.
2.    Identifikasi faktor lingkungan yang memungkinkan risiko jatuh.
3.    Singkirkan benda-benda yang dapat menimbulkan bahaya.
4.    Arahkan anak ke area aman, khususnya jauh dari jendela, tangga, alat pemanan, atau sumber air.
5.    Jangan menbuat anak teragitasi; bicara dengan suara lembut dan sikap tenang.
6.    Lindungi anak setelah kejang.

Dx 2 : Bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungan dengan obstruksi trakheobronkhial
NOC : Kontrol Aspirasi
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan Mencegah Jatuh selama 3x24 jam  diharapkan jalan nafas pasien kembali efektif dengan seringnya memonitor aspirasi skala 2.
Kriteria hasil :
a.    Mengidentifikasi faktor risiko.
b.    Menghindari faktor risiko.
c.    Menyediakan makanan sesuai kemampuan menelan pasien.
d.    Mengupayakan konsitusi cairan dan makanan.
Skala : 1. Ekstrem
2. Berat
3. Sedang
4. Ringan
5. Tidak ada
NIC : Mencegah Jatuh
1.    Pengelolaan jalan nafas.
2.    Ajarkan batuk secara efektif.
3.    Posisikan 90 derajat sesuai kemampuan.
4.    Berikan oksigen sesuai kebutuhan.
5.    Lakukan pengisapan sesuai dengan kebutuhan untuk membersihkan sekresi.

Dx 3 : Kerusakan memori berhubungan dengan hipoksia
NOC : Orientasi Kognitif
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan Pelatihan Memori selama 3x24 jam diharapkan pasien tidak menunjukkan kerusakan memori dengan status orientasi kognitif skala 4.
Kriteria hasil :
a.    Mengidentifikasikan orang terdekat, tempat sekarang, dan musim, tahun, hari yang benar.
b.    Menggunakan teknik untuk membantu memperbaiki memori.
c.    Secara akurat mengingat secara tepat, informasi saat ini dan lama.
d.    Mengungkapkan kemampuan yang lebih baik untuk mengingat.
Skala :  1. Tidak pernah
2. Jarang
3. Kadang
4. Sering
5. Konsisten
NIC : Pelatihan Memori
1.    Kaji depresi, ansietas, dan peningkatan stress yang mungkin memberikan konstribusi pada kehilangan memori.
2.    Kaji fungsi neurologis untuk menentukan masalah pasien, apakah kehilangan memori atau demensia.
3.    Beri label pada barang-barang.
4.    Bantu pasien untuk rileks untuk meningkatkan konsentrasi.
5.    Berikan kesempatan pasien untuk konsentrasi seperti suatu permainan pasangan kartu yang sesuai.
6.    Berikan gambar pengingat memori; bila diperlukan.

Dx 4 : Gangguan citra tubuh berhubungan dengan aktivitas kejang.
NOC : Citra Tubuh
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan Pencapaian Citra Tubuh selama 3x24 jam diharapkan persepsi pasien terhadap dirinya positif dengan status citra tubuh skala 3
Kriteria hasil :
a.    Kepuasan terhadap penampilan dan fungsi tubuh.
b.    Kesesuain antara realitas tubuh, ideal tubuh dan wujud tubuh.
c.    Mengidentifikasi kekuatan personal.
d.    Memelihara hubungan social yang dekat dan hubungan personal.
Skala :  1. Tidak pernah
2. Jarang
3. Kadang
4. Sering
5. Konsisten
NIC : Pencapaian Citra Tubuh
1.    Tentukan bagaimana respon anak terhadap tubuhnya  sesuai dengan tahap perkembangan.
2.    Identifikasi budaya, agama, ras, jenis kelamin, dan usia dari orang penting bagi pasien yang menyangkut citra tubuh.
3.    Beri dorongan pada pasien dan keluarga untuk mengungkapkan perasaan dan untuk berduka.
4.    Beri dorongan pada pasien dan keluarga untuk mengungkapkan perhatian tentang hubungan personal yang dekat.

Dx 5 : Harga Diri Rendah berhubungan dengan perubahan perkembangan.
NOC : Perkembangan Anak :2,3,4,5 tahun: Masa Kanak-kanank Pertengahan (%-11 tahun), dan Remaja (12-17 tahun).
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan Peningkatan Harga Diri selama 3x24 jam diharapkan harga diri  pasien positif (pasien dapat meningkatkan harga dirinya) dengan status perkembangan menunjukkan skala 3.
Kriteria hasil :
a.    2 th : Mengindikasikan keinginan secara verbal, berinteraksi dengan orang dewasa dalam permainan sederhana.
b.    3 th : mampu mengatakan nama pertamanya; memainkan interaksi dengan anak seusianya.
c.    4 th : Mampu menjelaskan aturan-aturan permainan interaktid bersama teman seusianya.
d.    Mempertahankan hubungan pribadi yang dekat.
Skala : 1. Ekstrem
2. Berat
3. Sedang
4. Ringan
5. Tidak ada
NIC : Peningkatan Harga Diri
1.    Pantau pernyataan pasien tentang penghargaan diri.
2.    Bantu pasien meningkatkan penilaian dirinya terhadap penghargaan diri.
3.    Hindari tindakan yang dapat melemahkan pasien.
4.    Beri penghargaan / pujian terhadap perkembangan pasien dalam pencapaian tujuan.
5.    Ajarkan orang tua akan pentingnya ketertarikan dan dukungannya terhadap perkembangan konsep diri yang positif pada anak.

Dx 6  : Resiko isolasi sosial  berhubungan dengan gangguan psikologis.
NOC : Keterlibatan Sosial
Tujuan    :    Setelah dilakukan tindakan keperawatan Peningkatan Sosialisasi selama 3x24 jam diharapkan pasien dapat berinteraksi dengan lingkungan dan dapat diterima di lingkungan dengan status keterlibatan sosial menunjukkan skala 3.
Kriteria Hasil :
a.    Melaporkan adanya interaksi dengan teman, tetangga, aggota keluarga.
b.    Berpartisipasi dalam aktifitas pengalihan
c.    Mulai berhubungan dengan orang lain.
d.    Mengembangkan hubungan satu sama lain.
e.    Melaporkan adanya peningkatan dukungan sosial.
Skala :  1. Tidak pernah
2. Jarang
3. Kadang
4. Sering
5. Konsisten
NIC :  Peningkatan Sosialisasi
1.    Identifikasi dengan pasien faktor-faktor yang berpengaruh pada perasaan isolasi sosial.
2.    Kurang stigma isolasi dengan menghormasti martabat pasien.
3.    Dukung hubungan dnegan orang lain yang mempunyai ketertarikan dan tujuan sama
4.    Dukung usaha-usaha yang dilakukan pasien, keluarga dan teman-teman untuk berinteraksi.
5.    Berikan uji pembatasan interpersonal.
6.    Dukung pasien untuk mengubah lingkungan, seperti jalan-jalan dan menonton film
Dx 7  : Perubahan proses keluarga berhubungan dengan mempunyai anak yang menderita penyakit kronik.
NOC : Parenting
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan Peningkatan Integritas Keluarga selama 3x24 jam diharapkan keluarga berfungsi secara efektif dengan seringnya melakukan peran sebagai orang tua yang ditunjukkan dengan skala 4.
Kriteria hasil :
a.    Memberikan kebutuhan psikologi untuk anak.
b.    Memberikan perlindungan dan perawatan kesehatan secara teratyr dan aseptik.
c.    Stimulasi perkembangan kognitif.
d.    Stimulasi perkembangan emosi.
e.    Stimulasi perkembangan spiritual.
Skala : 1. Tidak pernah
2. Jarang
3. Kadang-kadang
4. Sering
5. Konsisten
NIC : Peningkatan Integritas keluarga
1.    Kaji interaksi antara pasien dan keluarga.
2.    Tentukan jenis hubungan keluarga.
3.    Tentukan gangguan dalam jenis proses keluarga.
4.    Ajari ketrampila merawat pasien yang diperlukan oleh keluarga.
5.    Ajari keluarga perlunya kerjasama dengan sisten sekolah untuk menjamin akses kesempatan pendidikan yang sesuai untuk penyakit kronik.
6.    Bantu keluarga berfokus pada anaknya dibanding dengan penyakitnya.

Dx 8 : Cemas berhubungan dengan ancaman kematian / perubahan satus kesehatan.
NOC : Kontrol Cemas
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan Pengurangan Ansietas selama 3x24 jam diharapkan kecemasan hilang atau berkurang dengan seringnya mengontrol cemas dengan skala 4.
Kriteria hasil :
a.    Merencanakan strategi koping untuk situasi yang membuat stress.
b.    Melaporkan tidak ada gangguan persepsi sensori.
c.    Manifestasi perilaku kecemasan tidak ada.
d.    Menunjukkan kemampuan untuk berokus pada pengetahuan dan ketrampilan yang baru.
e.    Tidak menunjukkan perilaku agresif
Skala :  1. Tidak pernah
2. Jarang
3. Kadang
4. Sering
5. Konsisten
NIC : Pengurangan Ansietas
1.    Sediakan informasi yang sesungguhnya meliputi diagnosis, treatmen dan prognosis.
2.    Gunakan pendekatan yang tenang dan meyakinkan.
3.    Berikan dorongan kepada orang tua untu  menemani anak, sesuaidengan kebutuhan.
4.    Sediakan pengalihan melalui televise, radio, permainan, untuk mengurangi ansietas.

Dx 9    : Kurang pengetahuan berhubungan dengan keterbatasan paparan.
Tujuan    :    Setelah dilakukan tindakan keperawatan Menjelaskan Proses Penyakit selama 3x24 jam diharapkan defisit pengetahuan dapat teratasi dengan status pengetahuan mengenai proses penyakit menunjukkan skala 4.
NOC : Knowledge:  Proses Penyakit
a.    Menguraikan proses penyakit
b.    Menguraikan faktor risiko
c.    Menguraikan komplikasi
d.    Menguraikan tanda dan gejala penyakit.
e.    Menguraikan faktor penyebab untuk mencegah komplikasi.
Skala:     1 : Tidak mengetahui
    2 : Terbatas pengetahuannya
    3 : Sedikit mengetahui
    4 : Banyak pengetahuannya
    5 : Intensif atau mengetahuinya secara kompleks
NIC :  Menjelaskan proses penyakit
1.    Identifikasi etiologi yang memungkinkan.
2.    Uraikan proses penyakit.
3.    Uraikan tanda dan gejala penyakit.
4.    Diskusikan terapi atau pilihan pengobatan.
5.    Jelaskan patofisiologi penyakit.
6.    Jelaskan komplikasi kronis yang mungkin terjadi.

Dx 10  : Resiko isolasi social  berhubungan dengan gangguan psikologis.
NOC : Keterlibatan Sosial
Tujuan    :    Setelah dilakukan tindakan keperawatan Peningkatan Sosialisasi selama 3x24 jam diharapkan pasien dapat berinteraksi dengan lingkungan dan dapat diterima di lingkungan dengan status keterlibatan sosial menunjukkan skala 3.
Kriteria Hasil :
a.    Melaporkan adanya interaksi dengan teman, tetangga, aggota keluarga.
b.    Berpartisipasi dalam aktifitas pengalihan
c.    Mulai berhubungan dengan orang lain.
d.    Mengembangkan hubungan satu sama lain.
e.    Melaporkan adanya peningkatan dukungan sosial.
Skala :  1. Tidak pernah
2. Jarang
3. Kadang
4. Sering
5. Konsisten
NIC :  Peningkatan Sosialisasi
1.    Identifikasi dengan pasien faktor-faktor yang berpengaruh pada perasaan isolasi sosial.
2.    Kurang stigma isolasi dengan menghormasti martabat pasien.
3.    Dukung hubungan dnegan orang lain yang mempunyai ketertarikan dan tujuan sama
4.    Dukung usaha-usaha yang dilakukan pasien, keluarga dan teman-teman untuk berinteraksi.
5.    Berikan uji pembatasan interpersonal.
6.    Dukung pasien untuk mengubah lingkungan, seperti jalan-jalan dan menonton film.

Dx 11 : Manajemen regimen terapeutik keluarga tidak efektif berhubungan dengan konflik pengambilan keputusan.
NOC : Partisipasi keluarga di perawatan professional
Tujuan : Setelah dilakukan tindakan keperawatan Keterlibatan Keluarga selama 3x24 jam  diharapkan manajemen terapeutik keluarga efektif dengan seringnya partisipasi keluarga dengan menunjukkan skala 3.
Kriteria hasil :
a.    Partisipasi keluarga dalam rencana perawatan.
b.    Ikut serta dalam penyediaan pelayanan perawatan pasien.
c.    Memberikan informasi yang relevan.
d.    Kolaborasi dengan ahlo kesehatan.
e.    Mengambil keputusan apabila pasien dalam kondisi gawat.
Skala :  1. Tidak pernah
2. Jarang
3. Kadang
4. Sering
5. Konsisten
NIC : Keterlibatan Keluarga
1.    Kaji status koping dan proses keluarga saat ini.
2.    Kaji tingkat pemahaman anggota keluarga pada penyakit, komplikasi, dan penanganan yang disarankan.
3.    Identifikasi pengaruh kebiasaan keluarga dan kepercayaan kesehatan.
4.    Iidentifikasi kemampuan anggota keluarga untuk terlibat dalam perawatan pasien
5.    Pantau struktur dan peranan keluarga.
6.    Berikan ketrampilan yang dibutuhkan untuk terapi pasien kepada pemberi perawatan
7.    Dukung anggota keluarga untuk menjaga / memelihara hubungan keluarga dengan cara yang tepat.





















DAFTAR PUSTAKA

Catzel, Pincus.1994.Kapita Selekta Pediatri (216-226). Edisi II, Editor : Andrianto, Petrus.Jakarta:EGC.

Doenges, Marlynn E.2000.Rencana Asuhan Keperawatan : Pedoman Untuk Perencanaan dan Pendokumentasian Perawatan Pasien.Jakarta:EGC.

Harsono.2007.Epilepsi.Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Lumbantobing, S.M.1996.Epilepsi (Ayan).Jakarta:balai Penerbit FKUI.

Manjoer, Arif.2003.Kapita Selekta Kedokteran.Edisi 3Jilid 2.Jakarta:Media Aesculapius FKUI.

Nelson.Ilmu Kesehatan Anak (339-345).Edisi 3.Jakarta:EGC.

Ngastiyah.2005.Perawatan Anak Sakit(175-184).Edisi II.Jakarta:EGC.

Sachorin, Rosa M.1996.Prinsip Keperawatan Pediatrik(290-293).Edisi II Alih bahasa : R.F Maulang, Editor : Ni Luh Yasmin Asih.Jakarta:EGC.

Wilkinson, Judit M.2002.Buku Saku Diagnosa Keperawatan.Alih Bahasa:Widyawati,dkk, Editor : Eny Meiliya,dkk.Jakarta:EGC.

Wong, Donna L.2004.Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Edisi 4.Jakarta:EGC.

http--www_epilepsy_org_my-bm-images-head_gif_files\what_is.htm (diakses tanggal 14 Juni 2008)


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku