Home » , » Pemeriksaan Hormon Saliva

Pemeriksaan Hormon Saliva



PENDAHULUAN
Secara fisiologi hormon bersirkulasi di dalam darah. Ada 2 bentuk hormon yaitu bentuk terikat dengan protein dan tak terikat protein (bebas). Bentuk terikat mencapai kira-kira 90-99% dari total hormon yang bersirkulasi di dalam darah. Secara biologis hormon yang aktif lebih kecil jumlahnya yang disebut hormon bebas / tak terikat. Hormon bebas di dalam aliran darah jumlahnya berkisar antara 1-10% dari total hormon.
Ada banyak cara pemeriksaan hormon (dari darah, saliva dan urin), tetapi yang paling mutakhir dan memiliki nilai diagnostik adalah dari bahan saliva, karena dapat mengukur kadar hormon bebas. Saliva merupakan medium yang sangat baik untuk mengukur hormon saliva merupakan ultra filtrat darah yang alami, sehingga hormon yang bebas di dalam darah akan berdifusi masuk ke dalam saliva.
KEUNTUNGAN PEMERIKSAAN HORMON DALAM SALIVA DIBANDINGKAN DARAH
  1. Saliva dapat mencerminkan fraksi aktif/bebas dari hormon di dalam darah (bahan dari darah dan urin mengukur kadar total hormon).
  2. Waktu pengumpulan lebih terkontrol, yang diperlukan untuk pengujian dasar (base line) hormon dengan variasi diurnal atau untuk evaluasi dosis terapi sulih hormon (TSH).
  3. Non invasif, sederhana, aman, bebas stress dan tidak sakit.
  4. Bersifat pribadi dan nyaman bagi pasien.
  5. Memungkinkan untuk pengembalian berulang diluar rumah sakit.
  6. Lebih stabil pada suhu ruang selama 3 minggu.
Selengkapnya Download document lengkap Pdfnya di bawah ini



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku