Home » , » Faktor-faktor Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Faktor-faktor Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah



Pendahuluan
Dalam beberapa decade belakangan ini angka kematian oleh karena penyakit kardiovaskular terus meningkat dan kini penyakit ini telah merupakan penyebab utama kematian untuk penduduk usia diatas 45 tahun di seluruh dunia. Hal ini dijumpai tidak hanya di negara industri atau negara maju tetapi juga di negara berkembang seperti di Indonesia. Di Indonesia berdasarkan sensus kesehatan rumah tangga (SKRT) yang dilakukan tiap 4 tahun, sejak tahun 1992 penyakit jantung koroner sudah menduduki peringkat nomor satu. Sampai dengan sensus terbaru peringkat ini masih tetap dipegang oleh penyakit kardiovaskular.
Oleh karena pada prinsipnya pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan maka perlu untuk mengenal tanda-tanda dini penyakit ini agar dapat dilakukan upaya pencegahan, yang terbaik pencegahan primer (sebelum terjadi kelainan) Telah diteliti banyak faktor risiko penyakit jantung koroner (PJK) atau penyakit arteri koroner yang dalam pengertian lebih luas disebut sebagai penyakit kardiovaskular (PKV) atau aterosklerosis. Telah diterima bahwa penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor (multi factorial).
Pada makalah ini akan diuraikan faktor-faktor risiko PJK dan penggolongannya, dan uraian singkat tentang perannya terutama dari aspek laboratorium.
Faktor-faktor Risiko
Sebagaimana telah diterima oleh para ahli, PJK dianggap penyakit dengan banyak faktor risiko. Berdasarkan penelitian epidemiologis dan uji klinis maka faktor-faktor tersebut telah dinilai perannya terhadap terjadinya PJK, PKV atau aterosklerosis. Diharapkan dapat diperoleh faktor penduga, atau peramal yang terbaik untuk memprediksi adanya aterosklerosis dan PJK.
Faktor-faktor risiko yang sering dikemukakan amat beragam meliputi dari faktor genetik, perilaku atau gaya hidup, lipid darah, faktor pembekuan (koagulasi) dan fibrinolisis darah, protein, inflamasi, dan infeksi sampai imunologik. Sebagian dari faktor-faktor tersebut adalah lipid dan lipoprotein (kolesterol total, trigliserida, kolesterol-LDL, kolesterol-HDL, small dense-LDL = sdLDL, oxidized-LDL (ox-LDL), lipoprotein (a), protein (apolipoprotein A-I, apolipoprotein B, sphingomyelinase, phospholipase A2 familiy (Lp-PLA2; sPLA2), Homocystein, Myeloperoxidase (MPO, F2-lsoprostane), faktor-faktor inflamasi (high sensitivity C-reactive protein = hsCRP, serum amyloid antigen = SAA), faktor koagulasi dan fibrinolisis (fibrinogen, D-Dimer, Factor VII, faktor von Willebrand, plasminogen activator inhibitor-1 = PAI-1).

Selengkapnya Download document lengkap Pdfnya di bawah ini
 



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku