Home » , » TINJAUAN TEORI RETARDASI MENTAL (KECACATAN MENTAL)

TINJAUAN TEORI RETARDASI MENTAL (KECACATAN MENTAL)




KONSEP DASAR
A. PENGERTIAN
Retardasi mental ialah keadaan dengan intelegensi yang kurang (subnormal) sejak sama perkembangan (sejak lahir/sejak masa anak). Biasanya terdapat perkembangan mental yang kurang secara keseluruhan (seperti juga pada demensia) tetapi gejala utama (yang menonjol) ialah intelegensi yang terbelakang. Retardasi mental disebut juga obligofrenia (maramis).
 Retardasi mental yaitu adanya penurunan fungsi intelektual (diukur dengan tes IQ standar – dua standar deviasi dibawah IQ rata-rata 100) dan gangguan fungsi umum. (David A. Tomb).
B. ETIOLOGI
Menurut Maramis penyebab retardasi mental yaitu :
- Keturunan (retardasi mental genetic)

- Mungkin juga tidak diketahui (retardasi mental simplex)
 Kedua-kedua ini dinamakan juga retardasi mental primer. Retardasi mental sekunder disebabkan factor-faktor dari luar yang diketahui dan factor-faktor ini mempengaruhi otak mungkin pada waktu prenatal, perinatal / postnatal.
C. KLASIFIKASI
Klasifikasi Retardasi mental yaitu :
- Retardasi mental ringan
IQ 50 – 70, dinilai “mampu dididik”. Mereka biasanya dikenali saat masuk sekolah (dan diberikan tes) dan membutuhkan pendidikan khusus
- Retardasi Mental sedang
IQ 35 – 50, dinilai “mampu dilatih” dapat mempelajari keterampilan kerja yang sederhana.













Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku