Home » , » Diare Akut pada Bayi dan Anak

Diare Akut pada Bayi dan Anak



Kejadian diare pada bayi dan anak merupakan salah satu kasus yang sering terjadi, selain infeksi saluran pernafasan bagian atas. Kasus diare pula yang sering mendorong para orangtua untuk membawa anaknya ke dokter. Di negara tropis, kasus diare sering berhubungan dengan pola makan dan lingkungan. Sering kali kasus diare akut ini menyebabkan terjadinya wabah sehingga perlu penanganan sedini mungkin. 
DIARE menurut WHO didifinisikan sebagai bertambahnya defekasi (buang air besar) lebih dari biasanya -- lebih dari tiga kali sehari, disertai dengan perubahan konsisten tinja (menjadi cair) dengan atau tanpa darah. Secara klinik dibedakan tiga macam sindroma diare yaitu diare cair akut, disentri, dan diare persisten. Mekanisme diare, ada yang bersifat sekretorik dan ada yang bersifat osmotik. Pada umumnya, diare akut disebabkan oleh infeksi virus (40-60%). Hanya 10% disebabkan infeksi bakteri. 




Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku