Home » , » Mengapa Remaja Bunuh Diri?

Mengapa Remaja Bunuh Diri?




Ketika bumi terasa menyempit dikarenakan
himpitan persoalan hidup dan jiwa serasa
seolah tertekan oleh beban berat kehidupan
yang harus dipikul, menyerulah "Ya Allah"
A, seorang anak laki-laki, usia 13 tahun dan pendidikan lulus SD. A anak laki-laki pertama dari 2 bersaudara dengan jarak usia 8 tahun dan sangat ingin melanjutkan pendidikan ke SMP. Sebelum mempunyai adik, A sangat dimanja oleh keluarganya, terutama ibu dan neneknya. Ibu dan ayah A bekerja sebagai buruh di sebuah perkebunan dengan penghasilan berdua per harinya tidak lebih dari Rp 15.000,00.
Lebih kurang lima jam sebelum peristiwa itu, adik A akan mengikuti acara Maulud Nabi di sekolah pengajiannya. A juga ingin melihat acara tersebut, sehingga menawarkan pada adiknya untuk mengantar. Namun adiknya menolak karena ingin diantar oleh ibunya. Akhirnya adik A diantar oleh ibunya. Karena sangat ingin menonton acara tersebut, sambil menangis A meminta yang Rp 5.000,00. Seperti biasanya nenek memenuhi permintaan cucunya dan menyuruh menunggu sebentar karena akan menukarkan uang ke warung terlebih dahulu. Sepulang dari warung nenek tersebut menemukan cucunya telah tergantung di kamar. A tidak sadarkan diri dan dibawa ke rumah sakit.

Pertanyaan:
1. Mengapa A mencoba bunuh diri?
2. Faktor-faktor apa yang memengaruhinya?
Kami sekeluarga mengucapkan banyak-banyak terima kasih pada dokter atas perhatian dan penjelasan.
Keluarga A
ANGKA kejadian bunuh diri pada anak dan remaja dalam beberapa tahun terakhir ini semakin meningkat. Hal itu bukan hanya merupakan masalah kesehatan semata, tetapi sangat kompleks menyangkut berbagai aspek kehidupan dan saling memengaruhi satu sama lain (mental - emosional - sosial - ekonomi - pendidikan - rohani dan kesejahteraan). Banyak penelitian telah dilakukan mengenai fenomena ini, baik mengenai epidemiologi, etiologi, faktor risiko, maupun terapi dan prevensi. Namun untuk Indonesia hal ini masih sangat terbatas.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku