Home » » Belajar mengetik 10 jari

Belajar mengetik 10 jari



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtlQeywZhwSEFzLUhPZXSuwryU45YYpMns6JAKWxmMHjmMfrBUUOyRc97aJ-eTgWtX730D1rJqWNj1iPMtAxxI4BPCSvG4THF5pM-C0psJrz3aOg_dwOHlnDZ3UfXxvCto0UgccSwahII/s1600/Jin+Botol%27s+Blog+(Keyboard).jpgDi era globalisasi yang serba canggih saat ini, kegiatan ngetik atau mengetik adalah sebuah aktifitas yang tak bisa dihindari, baik dari kalangan mahasiswa, guru, dosen, atau pun masyarakat umum lainnya. Betul ?
Nah.. Kali ini saya akan mengajarkan bagaimana agar sobat bisa mengetik dengan jurus 10 jari pada keyboard komputer sobat. kalo adanya mesin tik ya.. gapapa dech.. lanjut..^_^
Mengetik adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan untuk menyampaikan dan menuliskan suatu kata atau kalimat ke sebuah kertas (mesin tik) ataupun  layar monitor (komputer atau laptop).
Mengetik itu memerlukan kecepatan. Bayangkan jika sobat harus menyelesaikan setumpuk kerjaan mengetik dengan jurus 11 jari alias jari telunjuk kanan sama jari telunjuk kiri doank=D  sudah bisa dibayangkan, badan pasti pegal, makan waktu lama pula. Biasanya malah bingung nyari huruf p nya dimana… :D. Karena saking frustasinya, akhirnya keluar rumah dech sambil membawa setumpuk ketikkan ke rental komputer. Tinggal bayar, yg penting tugas selesai. Beres sudah.. Nah kalau sobat adalah tipe orang yang seperti itu berarti sobat termasuk ke dalam golongan orang yang malas. Padahal kalau sobat mau belajar mengetik, kalau sudah bisa akan menjadi hal yang menyenangkan.
Ya.. sama seperti kalau sobat lagi sms an sama bokin pake hape gitu.. <3
Ok lanjut lagi ya.., kecepatan mengetik adalah suatu hal yang diharuskan untuk menunjang kegiatan ataupun pekerjaan sehari-hari agar cepat selesai. Karena itu, kita mesti terus belajar dan berlatih mengetik dengan cara membiasakan jari-jari sobat untuk menekan tombol tertentu pada keyboard sampai hafal. Biasanya kalau jari kita sudah hafal letak tombol keyboardnya dimana, tak perlu lagi ngeliatin keyboard.
Lalu bagaimana cara membaginya, jari saya kan ada sepuluh, bagaimana memencetnya? :(
Ok, akan saya jawab..
Untuk membaginya perhatikan yang berikut ini.
Tangan kiri :
Kelingking : QA
Jari manis : WSZ
Jari tengah : EDX
Jari telunjuk : RTFGCV
Ibu jari : bilah spasi
Tangan kanan :
Kelingking : P ; .
Jari manis : O L ,
Jari tengah : I K M
Jari telunjuk : Y U H J B N
Ibu jari : bilah spasi
Nah, itulah tugas masing-masing jari kalian .
Sebagai contoh, cobalah sobat mengetik seperti ini;
qweruiop qweruiop qweruiop     100x
asdfjkl; asdfjkl; asdfjkl; asdfjkl;   100x
zxcvm,./  zxcvm,./ zxcvm,./        100x

Sebagai kuncinya,, pertama-tama letakkan jari kalian pada baris asdf untuk jari tangan kiri, dan jkl; untuk jari kanan kalian. sedangkan kedua ibu jari kalian di atas tombol spasi..tentukan mana yang akan biasa memencet tombol spasi.

Jari telunjuk mempunyai tugas ganda pada masing-masing baris. seperti telunjuk kiri mempunyai fungsi memencet tombol R dan T, F dan G, atau V dan B. Sedangkan pada telunjuk kanan juga mempunyai fungsi, yaitu memencet huruf Y dan U, H dan J, atau N dan M

Nah, sampai disini tutorial kali ini, semoga bermanfaat ya.. teruslah berlatih dan hafalkan huruf-huruf pada keyboardnya dan biasakan sambil lihat monitor kalau sedang mengetiknya.


Oiya, kalau sobat masih kesulitan dengan penjelasan saya di atas, sobat bisa memakai cara alternatif lain, yaitu menggunakan software. Selengkapnya silahkan baca disini ya



Sumber: .sobatpc.com







Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku