Home » » ASUHAN KEPERAWATAN SEPTUM DEVIASI

ASUHAN KEPERAWATAN SEPTUM DEVIASI


LAPORAN PENDAHULUAN
SEPTUM DEVIASI

Pengertian
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitt_0EPZCrT4DrQWPizkjHvfQhr-gVx8Mxa4oHXCRQ4Mxkhs2-ys5ojOhh1TA-ScMuH3IbK1Ko1XTFAFMFgJi_46x9zN-AOhd_C967qspk50nJ92fF9D2-gYBRh-D8Yfj_hssGXn19EOo/s320/sleep_septoplasty2.jpgDikatakan septum deviasi jika terdapat penyimpangan dari media spenoidalis oleh adanya perubahan struktur  mukosa tulang rawan
Septum deviasi dikatan juga hidung bengkok karena adanya penyimpangan garis  tengah disertai obstruksi Nasi yang belum tahu penyebabnya.




Etiologi Dan Faktor Penyebab
1.      Trauma baik langsung maupun tidak langsung
Trauma langsung bila terjadi cidera pada wajah ( hidung), sedangkan trauma tidak langsung  yang biasa terjadi pada saat bayi yaitu mukosa tulang rawan palatum yang tidak terdeteksi dini.
2.      Patologi
Terjadi pertumbuhan dan perubahan struktur mukosa tulang rawan palatum.

Laporan KASUS
ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN
SEPTUM DEVIASI
RUANG THT RSUD DR. SOETOMO
SURABAYA
Periode Tanggal 23 APRIL 2002 S/D 26 APRIL 2002

PENGKAJIAN
a. Ciri – ciri Umum
Klien adalah kariawan swasta PT.Asahi Mas, dan berumur 37 tahun, beragama islam, belum menikah, suku jawa, beralamatkan di balong bendo RT 14,  RW II, dengan diagnosa medis Septum Deviasi dan MRS tanggal 23 – April - 2002 Reg. 210199.
a.       Riwayat keperawatan
1.      Keluhan utama
Klien mengatakan tidak dapat bernafas lewat hidung
2.      Riwayat penyakit sekarang
Klien masuk rumah sakit tanggal 23 – April – 2002 dengan keluhan : Hidung buntu, sukar bernafas, Pilek, Pusing, dan sebelumnya klien datang ke poli THT dan oleh dokter  yang merawat hanya di beri obat dan untuk selanjutnya klien harus operasi.
Tanggal 23 – April – 2002 jam 16.00 klien di operasi, klien mengeluh tidak bisa bernafas melalui hidung dan hidung terasa nyeri.
3.      Riwayat penyakit dahulu
+ 6 bulan klien sering polek, dari orang tua klien sewaktu kecil di pukul temannya.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku