Home » » KONSEP KEPERAWATAN KELOMPOK

KONSEP KEPERAWATAN KELOMPOK

Oleh : Wahju Purbo

I.  KONSEP KELOMPOK
 A. DEFINISI KELOMPOK
http://thefuturisticlovers.files.wordpress.com/2011/06/community-komunitas.jpg?w=600Himpunan satu kesetuan manusia yang hidup bersama, yang dilandasi oleh kriteria tertentu seperti umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pekerjaan, kepentingan tertentu, adanya kebutuhan yang sama dan adanya hubungan timbale balik dan saling mempengaruhi serta saling tolong menolong untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
B.  PROSES PEMBENTUKAN KELOMPOK
Menurut Solita Sarwono, 1993 yang dikutip oleh Nasrul Effendy ( 1998: 75 ), proses pembentukan kelompok mengikuti tahap berikut ini:  
1.   TAHAP PEMBENTUKAN
Kelompok mengatur dan menentukan kedudukan tiap anggotanya sehingga setelah mapan mereka akan menjadi saling dekat, mengenal, akrab dan terbuka. 
2.   TAHAP PERPECAHAN
Keakraban akan mengundang konflik dan menimbulkan masalah sehingga akan mengundang perpecahan karena ada yang tidak setuju.
3.   TAHAP PENYESUAIAN
Perpecahan yang terjadi berlangsung sementara, makin akrab hubungan anggota kelompok maka makin mudah untuk menyesuaikan diri dengan sifat, kehendak, gaya dan kepribadian masing-masing anggota, sehingga perpecahan dan pertentangan dapat dibatasi atau dihindari. Pada tahap ini kelompok dapat berfungsi secara efektif untuk saling membantu dan bekerjasama untuk kepentingan kelompok.
4.   TAHAP PERUBAHAN
Terjadi perubahan fisik, posisi dan aktifitas kelompok, sehingga berdampak pada perubahan kelompok. Hal ini berdampak pada timbulnya masalah kelompok yang memerlukan peraturan kembali berkaitan dengan struktur organisasi, prosedur kerja, kegiatan, hubungan antar anggota, dan sebagainya.
Selengkapnya silahkan download DISINI


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My Documentku

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda Copy-paste di blog or web teman-teman semua, Jangan Lupa di Like or commentnya ya...
Terima kasih

 
© 2010-2012 My Documentku